Bahaya Tbc Tulang Jika Tidak Diobati Secara Serius

Bahaya Tbc Tulang .- Tuberkulosis ( TB ) tulang belakang atau yang dikenal juga dengan penyakit pott adalah kondisi dimana adanya infeksi bakteri tuberkulosis diluar paru paru seperti kelenjar getah bening ( TBC Kelenjar ) dan Tulang  ( TBC Tulang ).


Bahaya Tbc Tulang

Salah satu bagian tulang yang sering terinfeksi bakter ini adalah tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas.

Sama halnya dengan penyakit TBC lainya penyakit tbc tulang juga bisa menular sehingga diperlukan perawatan khusus bagi orang yang mengalaminya.

Infeksi TBC yang terjadi pada tulang bisa menyebabkan jaringan sendi disekitar tulang mati serta tulang yang mengalami infeksi rusak.

Seseorang yang terkena penyakit TBC tulang biasanya akan mengalami kondisi medis atau gejala berupa :

  • Serangan atau gejala yang muncul sifatnya bertahap.
  • Demam.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Kehilangan berat badan.
  • Anoreksia (gangguan makan) yang memicu penurunan berat badan.
  • Sakit punggung yang terlokalisir.
  • Memiliki posisi tubuh yang tegak dan kaku.
  • Tulang belakang yang melengkung keluar menyebabkan punggung menjadi bungkuk (kifosis).
  • Pembengkakan pada tulang punggung.
  • Muncul benjolan pada pangkal paha yang menyerupai hernia.
  • Jika mengenai sistem saraf, kemungkinan akan ada gangguan saraf yang memengaruhi organ-organ tubuh.

Segera temui dokter atau pusat kesehatan terdekat jika beberapa gejala tersebut mulai anda atau orang terdekat anda alami. Dengan begitu maka anda bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sebelum melakukan tindakan pengobatan biasanya dokter akan melakukan diaknosa dengan cara melakukan berbagai pemeriksaan seperti :
  • Pemeriksaan susunan tulang belakang
  • Pemeriksaan detail fungsi saraf
  • Evaluasi ada tidaknya benjolan subkutan di daerah lambung
  • Pemeriksaan kulit termasuk di daerah yang berongga.

Bahaya Tbc Tulang Jika Tidak Diobati


Yang namanya penyakit jika tidak diatasi atau obati maka jelas bisa semakin parah dan menimbulkan berbagai komplikasi termasuk penyakit tbc tulang.

Dan berikut ini adalah beberapa bahaya tbc tulang yang bisa terjadi jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius, yakni:

#1 Terkena Serangan Jantung

Jika tbc tulang tidak segera diatasi maka infeksi yang terjadi bisa semakin meluas dan menyerang bagian tubuh lainnya seperti jaringan disekitar jantung.

Ketika kondisi tersebut terjadi maka bisa menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan disekitar jantung sehingga dapat mengganggu kinerja dan fungsi jantung.

Gangguan tersebut bisa berakibat fatal yakni berupa serangan jantung.

#2 Gangguan Hati Dan Ginjal 

Tidak hanya jantung, organ penting lainnya dalam tubuh seperti hati dan ginjal juga bisa mengalami gangguan dan kehilangan fungsinya pada penderita tbc tulang.

Hal tersebut tejadi jika bakteri TBC menginfeksi kedua organ penting tersebut. Dan hal tersebut bisa saja terjadi mengingat bakteri TBC bisa menyebar melalui aliran darah.

#4 Radang Selaput Otak ( Meningitis )

Seseorang yang menderita penyakit tbc tulang juga rentang mengalami peradangan selaput otak atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah meningitis.

Salah satu indikasi penderita TBC tulang mengalami komplikasi meningitis adalah timbulnya sakit kepala berkepanjangan yang disertai dengan rasa gatal atau nyeri pada tungkai kaki ketika berjalan.

Infeksi pada selaput otak juga memungkinkan penderitanya mengalami gangguan mental.

#5 Kerusakan Sendi

Seperti apa yang telah kami singgung sebelumanya diatas bahwa TBC tulang selain menyebabkan kerusakan tulang bisa juga menyebabbkan kerusakan sendi, seperti sendi : pinggul, lutut dan sikut.

#6 Nyeri Tulang Belakang

Jika penyakit tbc tulang sudah parah maka biasanya penderita akan merasakan sakit pada tulang belakang. Tidak hanya nyeri tulang belakang juga bisa kaku sehingga sulit untuk digerakan.

Pada kasus yang lebih parah rusaknya tulang belakang bisa mengakibatkan penderita TBC tulang mengalami kelumpuhan di salah satu atau kedua kakinya.

Nah itulah beberapa bahaya tbc tulang yang bisa terjadi jika penyakit tbc tulang yang diderita tidak ditangani dengan serius. Untuk itu jika anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala tbc tulang yang kami sebutkan tadi diatas.

Maka segera temui dokter atau pusat kesehatan terdekat guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Operasi menjadi salah satu cara mengobati tbc tulang, namun penyakit tbc tulang bisa sembuh tanpa operasi.

Baca Ini : Cara Mengobati Tbc Tulang Tanpa Operasi

Demikianlah informasi tentang bahaya penyakit tbc tulang ini semoga bisa dipahami dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »